Strategi Program Studi Ilmu Komputer

Sasaran untuk memperoleh Tujuan 1 PS Ilmu Komputer adalah :

  • Terselenggaranya kurikulum yang mendukung wilayah kemaritiman.
  • Meningkatnya kapasitas dosen, tenaga kependidikan, dan sarana prasarana pendidikan. 
  • Meningkatnya pelaksanaan penjaminan mutu akademik dan kompetensi mahasiswa. 
  • Terlaksananya program pendidikan yang efektif dengan metoda pembelajaran inovatif.

Strategi Pencapaian Sasaran 1 :

  • Menyusun kurikulum yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Menyediakan fasilitas pembelajaran yang memadai sesuai standar industry.
  • Meningkatkan kerjasama dengan industri untuk menyediakan program magang dan proyek nyata bagi mahasiswa untuk mendukung kurikulum.
  • Membentuk Tim monitoring dan evaluasi untuk memastikan kurikulum berjalan sesuai dengan tujuan dan dapat memberikan umpan balik yang konstruktif. 

Strategi Pencapaian Sasaran 2 : 

  • Mengadakan pelatihan rutin bagi dosen dan tenaga kependidikan dalam bidang pengajaran, teknologi, dan manajemen pendidikan 
  • Meningkatkan fasiltas fisik seperti laboratorium, perpustakaan digital, dan ruang kelas yang mendukung pembelajaran interaktif
  • Melakukan perekrutan tenaga pengajar dan staf yang memiliki kualifikasi tinggi serta memberikan penghargaan untuk mendorong peningkatan kinerja.

Strategi Pencapaian Sasaran 3 :

  • Mengembangkan dan menerapkan sistem penjaminan mutu akademik yang kemprehensif dan berkelanjutan
  • Melakukan evaluasi berkala terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa
  • Mengadakan workshop, seminar, dan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi akademik dan soft skills mahasiswa.

Strategi Pencapaian Sasaran 4 :

  • Mengadopsi metode pembelajaran yang inovatif seperti blended learning, flipped classroom, dan project-based learning.
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembelajaran, seperti e-learning platforms dan aplikasi pembelajaran.
  • Melakukan revisi kurikulum secara berkala untuk memasukkan metode pembelajaran baru dan konten yang relevan dengan perkembangan zaman.

Strategi Pencapaian Sasaran 5 : 

  • Mengadakan program dan kompetisi kewirausahaan berbasis teknologi informasi untuk mahasiswa.
  • Mendirikan inkubator bisnis di kampus untuk mendukung mahasiswa yang ingin mengembangkan startup teknologi.
  • Meningkatkan kolaborasi dengan lembaga penelitian dan industri untuk melibatkan mahasiswa dalam proyek penelitian.
  • Memberikan bimbingan dan mentoring kepada mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ilmiah dan kewirausahaan oleh dosen dan praktisi industri.

Sasaran untuk memperoleh tujuan 2 PS Ilmu Komputer :

  • Terselenggaranya penelitian-penelitian berskala nasional dan internasional. 
  • Meningkatnya jumlah publikasi pada jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional bereputasi, dan paten/HaKI. 
  • Tersedianya jurnal ilmiah PS yang terakreditasi nasional.

Strategi Pencapaian Sasaran 1 : 

  • Mengadakan pelatihan untuk dosen dan mahasiswa mengenai metodologi penelitian, penulisan proposal, dan manajemen proyek penelitian.
  • Menjalin kerjasama dengan Universitas yang lain, lembaga penelitian, dan industri baik di dalam maupun luar negeri.
  • Mengadakan seminar/webinar, konferensi, dan workshop, untuk mempresentasikan hasil penelitian dan mendorong kolaborasi penelitian lebih lanjut.
  • Mengakses sumber pendanaan penelitian dari pemerintah, swasta, dan internasional seperti hibah penelitian dan sponsor dari industri.

Strategi Pencapaian Sasaran 2 :

  • Memberikan penghargaan bagi dosen dan mahasiswa yang berhasil mempublikasikan karya ilmiah di jurnal bereputasi dan memperoleh paten.
  • Menyediakan program bimbingan penulisan artikel ilmiah dan pelatihan mengenai strategi publikasi di jurnal nasional dan internasional.
  • Mendorong kolaborasi penelitian antara dosen, mahasiswa, dan peneliti eksternal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi.
  • Menyediakan fasilitas dan sumber daya yang diperlukan untuk penelitian, seperti akses ke database jurnal, laboratorium penelitian, dan perangkat lunak analisis.

Strategi Pencapaian Sasaran 3 :

  • Membentuk Tim editorial untuk mengelola jurnal ilmiah PS Ilmu Komputer.
  • Mengikuti prosedur dan persyaratan akreditasi jurnal yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi nasional.
  • Memastikan setiap artikel yang diterbitkan memenuhi standar kualitas tinggi melalui proses peer-review yang ketat.
  • Memperluas jaringan dan promosi jurnal melalui media sosial untuk menarik kontribusi artikel dari peneliti di dalam dan luar negeri.
  • Menggunakan platform pengelolaan jurnal digital untuk memudahkan proses submission, review, dan publikasi artikel.

Sasaran untuk memperoleh tujuan 3 PS Ilmu Komputer :

  • Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan inovatif. 
  • Meningkatnya pemanfaatan hasil-hasil pengabdian dosen kepada masyarakat. 

Strategi Pencapaian Sasaran 1 : 

  • Melakukan survei dan penelitian awal untuk memahami kebutuhan masyarakat yang dapat diatasi dengan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh PS Ilmu komputer.
  • Merancang dan mengimplementasikan program pengabdian yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan solusi inovatif bagi permasalahan masyarakat.
  • Bekerjasama dengan pemerintah, industri, dan komunitas lokal untuk merancang dan melaksanakan program pengabdian yang relevan dan berdampak.
  • Menyelenggarakan pelatihan bagi dosen dan mahasiswa mengenai teknik dan metodologi pengabdian masyarakat serta penerapan teknologi informasi dalam kegiatan pengabdian.
  • Membentuk Tim untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program pengabdian, serta memberikan umpan balik untuk peningkatan kualitas dan efektivitas.

Strategi Pencapaian Sasaran 2 : 

  • Menyelenggarakan seminar, workshop, dan konferensi untuk mempublikasikan hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat luas.
  • Mempublikasikan hasil pengabdian dalam bentuk laporan, artikel, Program HKI/Paten dan atau video dokumenter yang dapat diakses oleh masyarakat.
  • Mendorong dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan aplikasi dan solusi teknologi yang dapat diadopsi oleh masyarakat.
  • Menggandeng mitra industri dan pemerintah untuk mengimplementasikan hasil pengabdian dalam skala yang lebih luas.
  • Melakukan pelatihan dan pemberdayaan kepada masyarakat agar mereka dapat memanfaatkan hasil-hasil pengabdian secara mandiri dan berkelanjutan

Sasaran untuk memperoleh tujuan 4 PS Ilmu Komputer :

  • Memperluas Jaringan Kerja Sama dengan berbagai mitra pemerintah maupun industry.
  • Melaksanakan Proyek Kolaboratif.
  • Mengembangkan Program Pelatihan dan Peningkatan Pengetahuan antar Institusi

Strategi Pencapaian Sasaran 1 : 

  • Aktif melakukan pendekatan dan membangun hubungan dengan berbagai lembaga, termasuk pemerintah, industri, dan organisasi internasional, melalui pertemuan, konferensi, dan forum yang relevan.
  • Memanfaatkan platform digital dan media sosial untuk mempromosikan potensi kolaborasi dan menjalin komunikasi yang lebih luas dengan pihak-pihak yang memiliki kesamaan visi.

Strategi Pencapaian Sasaran 2 :

  • Mengidentifikasi kebutuhan sektor-sektor strategis dan merancang proposal proyek yang menarik bagi mitra potensial.
  • Membentuk Tim kerja yang terdiri dari perwakilan berbagai lembaga untuk memastikan setiap aspek proyek mendapat perhatian yang cukup.
  • Mengatur jadwal dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan proyek secara efisien. 

Strategi Pencapaian Sasaran 3 : 

  • Merancang program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing lembaga, mencakup workshop, seminar, dan kursus daring yang melibatkan pakar dari berbagai institusi.
  • Menyelenggarakan program pertukaran staf atau mahasiswa antar lembaga untuk memperluas wawasan dan mengadopsi praktik terbaik dalam pengembangan teknologi informasi.